Beranda | Artikel
Biografi Imam Ibnu Abdil Barr Al-Maliki
Jumat, 16 Juli 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Imam Ibnu Abdil Barr Al-Maliki merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 4 Ramadhan 1442 H / 16 April 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Abu Utsman Ash-Shabuni

Kajian Tentang Biografi Imam Ibnu Abdil Barr Al-Maliki

Nama beliau adalah Abu Umar Yusuf bin Abdillah bin Muhammad bin Abdul Barr bin Ashim An-Namari dan dikenal sebagai Abdil Barr. Orang tua beliau di antara tokoh-tokoh agama yang hidup di Cordoba, Andalus.

Beliau lahir di Cordoba pada tahun 368 hijriyah. Tahun lahir menjadi hal yang pokok untuk diketahui agar kita mengetahui ketsiqahan, guru-guru dan murid-murid beliau. Dari sini bisa diperiksa bagaimana mereka berjumpa dengan gurunya. Jangan sampai terjadi pengakuan bahwa Si Fulan berguru dengan seseorang padahal dia belum lahir.

Tidak diragukan bahwa pengaruh pendidikan orang tua beliau sangat memberikan bekas dalam diri beliau. Sehingga beliau tumbuh dalam keluarga yang baik. Beliau baru mulai melanglang buana menuntut ilmu pada tahun 390 hijriyah, yaitu 10 tahun setelah orang tuanya wafat.

Ini juga merupakan salah satu faidah, bahwa perkembangan ilmu para ulama tidak terganggu dari terganggunya politik. Karena memang kita ketahui suasana politik dimasa-masa pemerintahan pada awal-awal abad ke-5 hijriyah sudah mulai agak goyang dan goncang.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50405-biografi-imam-ibnu-abdil-barr-al-maliki/